Jumat, 04 Juni 2010

Lakitan Prioritas Rencana Pemekaran Kecamatan

1 komentar
MUARA BELITI–Karena dinilai memiliki kawasan yang cukup luas, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura), berencana melakukan pemekaran terhadap lima kecamatan. Lima kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Muara Lakitan, Kecamatan Tugumulyo, Kecamatan Megang Sakti, Kecamatan Muara Kelingi dan Kecamatan Selangit. Namun dari lima wilayah tersebut Kecamatan Lakitan lebih diutamakan untuk dimekarkan pada 2010.
"Masalah rencana pemekaran kecamatan, untuk tahun 2010 baru Kecamatan Lakitan yang kami usulkan ke DPRD Kabupaten Mura. Karena tahun ini dana yang ada hanya cukup untuk pemekaran Kecamatan Lakitan. Selanjutnya pada 2011 menyusul Kecamatan Megang Sakti,"kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Pemkab Mura, Kgs Effendi Ferry, kepada wartawan koran ini di ruang kerjanya, Rabu(3/6).
Setelah mendapat persetujuan dari DPRD Kabupaten Mura lanjut Ferry, pihaknya akan mengundang konsultan dari Universitas Sriwijaya guna mengetahui apakah layak dimekarkan atau tidak. "Kalau menurut pemerintah dipastikan Kecamatan Lakitan layak untuk dimekarkan. Namun kita tidak tahu menurut konsultan nanti karena pendapat orang berbeda,"ucapnya.
Untuk pemekaran menurut Fery masing-masing kecamatan berbeda. Seperti Kecamatan Muara Lakitan akan dimekarkan menjadi tiga kecamatan. Sementara itu, untuk Kecamatan Tugumulyo, Megang Sakti, Muara Kelingi dan Selangit direncanakan dimekarkan menjadi dua kecamatan," jelasnya.
Ditambahkannya, untuk mendukung rencana tersebut, saat ini Pemkab Mura tengah mempersiapkan usulan kepada pihak legislatif. "Mudah-mudahan saja pihak legislatif mendukung rencana ini sehingga bisa terwujud 2010 ini untuk Kecamatan Lakitan," ucapnya.
(03)

1 komentar: